Tips Memanfaatkan Tiktok Untuk Melejitkan Keuntungan Bisnis

Tips Memanfaatkan tiktok untuk melejitkan keuntungan bisnis, Dibandingkan dengan beberapa media sosial lainnya, tiktok dapat dikatakan sebagai pendatang baru dalam dunia digital. namun meskipun demikian, peminat dari media sosial tiktok di indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata.

Indonesia masuk ke dalam kelompok negara pengguna tik tok terbanyak dari beberapa negara di dunia. Hal tersebut menyatakan bahwa tiktok bisa menjadi ladang promosi bisnis terbaik menggunakan platform digital. sama halnya dengan melakukan promosi via offline. Promosi menggunakan platform digital juga membutuhkan sebuah strategi dan pemahaman yang baik dalam melakukan promosi.

Strategi Marketing TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Agar proses promosi saudara menggunakan media sosial tiktok tidak menjadi percuma, berikut ini ada beberapa strategi marketing menggunakan tiktok agar keuntungan dalam proses promosi dapat memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

1. Kenali Cara Kerja TikTok

Hal pertama yang perlu saudara perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan tiktok sebagai sarana promosi adalah cara kerja media sosial tiktok.seperti yang diketahui, tiktok adalah media sosial yang fokus pada sharing konten video.

Dari cara kerja tiktok tersebut, sudah terlihat jelas bahwa untuk melakukan promosi menggunakan tiktok, saudara wajib menyediakan konten dalam bentuk video. Berbeda dengan youtube, video yang dibagikan melalui media sosial tiktok umumnya berdurasi pendek berkisaran 15 detik hingga 60 detik dengan cara menggabungkan beberapa video.

Pendeknya durasi video yang dibagikan menggunakan tiktok menuntut saudara agar mampu menciptakan video berdurasi pendek yang mampu menyampaikan pesan dengan singkat, padat dan jelas. Tidak hanya sampai disitu saja, saudara juga harus mampu membuat video terlihat menarik dengan menambahkan efek dan latar musik yang akan menjadi daya tarik dari video tersebut. makin menarik video yang saudara buat maka akan makin besar kemungkinan pengguna tik tok mau berinteraksi dengan video yang saudara bagikan. Makin banyak pengguna tik tok yang berinteraksi pada video saudara, maka akan makin besar tingkat popularitas video yang saudara bagikan tersebut.

2. Cari Ide Konten Menarik untuk Video TikTok

Setelah paham dengan cara kerja tiktok, maka selanjutnya saudara harus mampu menciptakan sebuah ide baru dalam pembuatan konten video tiktok. Pastikan bahwa saudara mampu menciptakan video yang tampak unik dan berbeda daripada yang lainnya agar video nantinya mampu menarik lebih banyak perhatian pengguna sosial media tiktok lainnya.

3. Pakai Hastag untuk Membuat Video 

Keberadaan hastag pada sebuah sosial media kerap kali menjadi bagian yang sering diabaikan oleh banyak orang pengguna tik tok. Namun bagi saudara yang ingin memanfaatkan tik tok sebagai ladang promosi, sebaiknya tidak lupa untuk mempertimbangkan hastag yang akan saudara gunakan.

Hastag pada sebuah media sosial akan mempermudah video ditemukan oleh banyak pengguna tik tok lainnya. Selain dari itu, penggunaan hashtag yang tepat juga akan meningkatkan kualitas SEO dalam pemasaran secara online.

4. Kerja Sama dengan Influencer 

Meski terdengar berlebihan namun daya pikat dari seorang Influencer mampu mebius seluruh pengikutnya untuk menggunakan atau membeli produk yang mereka tawarkan. Tidak heran jika 80% marketer mempercayakan Influencer untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness dari sebuah perusahaan. 

5. Konsisten Posting Konten

Konsisten untuk posting konten adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang yang menggunakan sosial media dalam promosi. Agar proses promosi dapat berhasil, setidaknya saudara harus menciptakan atau membagikan satu video baru setiap harinya.

Makin banyak like yang saudara peroleh dari video yang dibagikan setiap harinya maka bisa jadi video tersebut akan ditampilkan pada halaman for you page. Bayangkan kalau hal itu terjadi setiap hari. Tujuan membangun brand awareness yang kuat tentu makin mudah tercapai.

Itulah beberapa hal yang perlu saudara perhatikan dalam memanfaatkan media sosial tiktok sebagai tempat untuk promosi. Semoga saja apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bagi saudara yang mungkin saat ini sedang merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan lantaran tidak memiliki penghasilan, kami dari dhuafa entrepreneur ingin mengajak saudara untuk bergabung bersama kami dalam memulai bisnis tanpa modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *