Pekerjaan Apa Yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah?

Pekerjaan Apa Yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah?

Pekerjaan apa yang bisa dilakukan sambil kuliah? Di zaman sekarang ini, bekerja tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa atau orang yang telah menyelesaikan pendidikannya saja, melainkan sebagai seorang pelajar atau mahasiswa juga bisa menjadi seorang pekerja.

Seiring dengan perkembangan zaman membuka banyak peluang pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan termasuk dengan mahasiswa yang sedang sibuk belajar. Teknologi yang serba digital seperti saat ini sangat memungkinkan bagi siapa saja untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja mereka inginkan.

Pekerjaan yang Dapat Dilakukan Oleh Mahasiswa Sambil Kuliah

Jika saudara merupakan seorang mahasiswa yang sedang menjalankan pendidikan kuliah namun ingin memperoleh penghasilan untuk keperluan kuliah ataupun untuk keperluan lainnya, mungkin beberapa pekerjaan berikut bisa menjadi salah satu pekerjaan yang cocok dengan saudara.

1. Penulis Lepas

Di zaman serba online seperti saat ini, menjadi seorang penulis lepas adalah profesi yang dapat dijalankan oleh siapa dan di mana saja. Seperti yang diketahui, promosi online adalah salah satu hal yang saat ini wajib untuk dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk atau jasa yang mereka pasarkan, dan untuk melakukan promosi tersebut, setiap perusahaan akan membutuhkan seorang penulis untuk menciptakan konten promosi menggunakan website.

Jika saudara memiliki keahlian dibidang ini, mungkin bisa mencoba untuk menawarkan jasa kepada perusahaan yang membutuhkannya. Untuk memudahkan saudara memperoleh pekerjaan dibidang ini, saudara bisa menggunakan platform job online yang dapat saudara temukan menggunakan mesin pencarian internet.

2. Translator

Jika saudara memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa asing, saudara bisa mencoba untuk menjadi seorang translator. Sama halnya dengan menjadi seorang penulis, menjadi seorang translator biasanya dibutuhkan oleh banyak perusahaan dalam proses penjualan produk.

Seorang translator umumnya akan dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjadi seorang customer service yang melayani calon customer dari luar negeri. Untuk pekerjaan bidang ini biasanya tersedia dalam dua opsi yaitu customer service offline damn customer service online. Untuk saudara yang mungkin disibukkan dengan aktivitas kuliah, bisa mengambil peluang sebagai customer service online saja.

3. Copywriter

Satu lagi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan termasuk para mahasiswa yang sedang sibuk kuliah adalah sebagai seorang copywriter. Hampir sama halnya dengan seorang penulis lepas, seorang copywriter juga biasanya dibutuhkan oleh perusahaan dalam pembuatan konten yang hanya saja copywriter ini mengambil ide dari konten yang diterbitkan oleh perusahaan terkenal lainnya yang kemudian akan dimodifikasi agar terlihat lebih menarik.

4. Bisnis Online

Di zaman serba online seperti saat ini banyak peluang usaha online yang siap menampung siapa saja yang ingin memperoleh penghasilan. Ada berbagai jenis bisnis yang dapat dilakukan melalui media online dan salah satunya sebagai dropship.

Dropship ini adalah sebuah istilah yang diberikan kepada pebisnis yang ikut membantu perusahaan dalam penjualan produk atau jasa. Tugas seorang dropship hanya mencari calon pembeli saja, untuk pengurusan produk atau jasa akan dikerjakan langsung oleh pihak perusahaan. Agar keuntungan yang diperoleh cukup banyak, pastikan bahwa saudara bekerja sama dengan perusahaan yang sekaligus sebagai tangan pertama.

5. Sosial Media Admin

Bagi saudara yang suka bermain media sosial, tentu saudara akan tertarik untuk mencoba pekerjaan yang satu ini. Bahkan, saudara bisa mengerjakannya di mana saja tanpa terikat oleh jam kerja. Saudara dapat menjadi admin media sosial milik UMKM, perusahaan star tup hingga online shop. Untuk menjalankan profesi yang satu ini setidaknya saudara harus memiliki keterampilan dasar yaitu copywriting, kreatif, berinteraksi di media sosial, dan memiliki pengetahuan yang luas.

Itulah beberapa profesi yang mungkin bisa menjadi salah satu pekerjaan yang dapat saudara kerjakan tanpa mengganggu aktivitas kuliah saudara. Namun jika saudara ingin fokus untuk berbisnis namun tidak memiliki pengalaman atau modal, saudara bisa bergabung bersama kami dalam program berbisnis tanpa modal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *