Cara Menyusun Career Plan untuk Entrepreneur, Biar Anak Cicit bisa Lanjut Mengelola!

Cara Menyusun Career Plan untuk Entrepreneur, Biar Anak Cicit bisa Lanjut Mengelola!

Cara Menyusun Career Plan untuk Entrepreneur, Biar Anak Cicit bisa Lanjut Mengelola!

Setiap orang yang teratur pasti akan memperoleh keberhasilan. Meraih keberhasilan dan kesuksesan biasanya akan diawali dengan mampu menciptakan rencana yang sudah diatur dan dijadwalkan sebelumnya. Saudara seharusnya tidak menjadi bagian dari sejarah namun harus mampu menciptakan sejarah baru dalam diri sendiri. Terlebih lagi dalam urusan berkarir, saudara harus benar benar cermat dalam bertindak dan menentukan sikap.

Menyusun Career Plan untuk Entrepreneur

Untuk menyusun career plan agar mampu memberikan perubahan dalam hidup di masa mendatang, saudara perlu melakukan perancangan rencana dalam berkarir. Berikut ini ada beberapa cara menyusun career plan untuk entrepreneur agar mampu menjadi sukses hingga ke beberapa generasi.

1. Menyusun Visi

Jika dalam sebuah perusahaan memiliki visi dan misi, maka sebagai karyawan juga harus memiliki visi. Visi tersebut bisa berupa mimpi yang ingin diraih dalam berkarir. Jika ingin membuat visi maka harus mampu membayangkan diri di masa mendatang 5 sampai 10 tahun kedepannya.

  1. Apabila saudara merasa bingung dalam membuat visi maka cobalah dengan beberapa cara berikut.
  2. Tanyakan kepada diri apa yang saudara inginkan di masa mendatang.
  3. Bayangkan akan menjadi apa diri saudara beberapa tahun ke depan.
  4. Jika masih susah membayangkan sampai 5 tahun atau 10 tahun, mulailah dengan visi 2 sampai 3 tahun.

Visi adalah sebuah panduan terkait kemana saudara akan melangkah kedepannya, saudara harus teliti dan jeli dalam membuat visi. Ingat, visi tersebut tidak seperti memilih pakaian yang akan digunakan hari ini dan dapat diganti di hari esok. Visi harus spesifik, dan perlu mengujinya, apakah hal itu memang benar-benar yang saudara inginkan di masa mendatang. 

2. Mulai Mengenali Diri, Jangan Fokus pada Kelemahan, Pacu terus Kekuatan

Melihat ke sisi kelebihan dan kekurangan diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Banyak orang lain lebih paham tentang diri kita akibat ego kita terhadap keinginan yang bukan di bidang dimana kita berbakat. Agar saudara mempu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang saudara miliki, namun secara objektif, saudara dapat meminta pendapat dari beberapa teman dekat saudara. 

Catat semua pendapat dari kerabat atau teman saudara yang meskipun beberapa diantaranya tidak sesuai dengan keyakinan. Saudara harus mengambil peran lebih banyak agar mampu mengenal kekuatan dan kelemahan karena seharusnya saudara adalah orang paling mengerti diri.

3. Review Pencapaian Masa Lalu, Pacu Bidang yang Sudah Berhasil, Jangan Fokus pada Kegagalan

Dalam bekerja atau menjalankan sebuah aktivitas, jadikan keberhasilan sebagai sebuah kebiasaan yang dapat membanggakan, setiap kali menjumpai sebuah kegagalan, evaluasi sejenak dan segera lupakan namun jika mendapatkan keberhasilan, evaluasi menyeluruh agar dapat mengulanginya kembali di masa yang akan datang dengan lebih gemilang.

4. Fokus dan Tingkatkan terus Keterampilan yang Dikuasai

Keterampilan biasanya akan sejalan dengan minat, maka tidak ada salahnya mencatat keterampilan yang saudara kuasai untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Keterampilan tidak perlu banyak banyak, yang penting memiliki keahlian dibidang yang diminati. misalnya keterampilan menulis untuk pekerjaan reporter, selain itu kemampuan  observasi, menginterview, menginvestigasi, menulis, mengedit, dan lain sebagainya. Dengan mencatat dan mengetahui setiap keterampilan yang dimiliki maka kita dapat menyesuaikan diri dengan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan yang saudara miliki tersebut.

5. Ikuti Passion karena Passion akan Menunjang Keterampilan sehingga Bisa Menjadi Profesional dalam Bekerja

Bekerja dengan passion akan membuat semakin produktif, karena dengan passion saudara akan rela berkorban apa saja termasuk uang, waktu dan tenaga. Passion akan memberikan kepuasan dan rasa bahagia yang tidak akan mampu dibayar dengan apapun juga.

Itulah beberapa cara menyusun career plan untuk entrepreneur. Jika saudara ingin fokus untuk berbisnis namun tidak memiliki pengalaman atau modal, saudara bisa bergabung bersama kami dalam program berbisnis tanpa modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *