Tips Tetap Bekerja dan Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik

Tips Tetap Bekerja dan Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik

Tips Tetap Bekerja dan Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik, Di zaman sekarang ini, ibu rumah tangga tidak hanya menjalankan profesi sebagai pengatur rumah tangga saja. Ada banyak ibu rumah tangga yang mengatur rumah tangga dan sekaligus menjadi wanita karier. Kemampuan ibu rumah tangga dalam berkarier tentu tidak kalah hebat dengan laki laki kepala rumah tangga, sehingga tidak heran jika ibu rumah tangga zaman sekarang kerap kali dijuluki sebagai ibu serba bisa.

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang sekaligus sebagai wanita karier memang bukanlah hal yang mudah. Saudara harus tetap mengambil peran sebagai ibu rumah tangga di tengah – tengah kesibukan sebagai wanita karier. Selain itu, saudara juga harus tetap menjalin komunikasi dengan keluarga, baik dengan suami maupun dengan anak – anak, agar mereka tidak kehilangan peran saudara sebagai ibu rumah tangga.

Tips efektif menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier

Peran seorang wanita dalam kehidupan berumah tangga sangatlah penting. Kelembutan kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya tidak akan pernah tergantikan oleh siapa pun, sehingga seberat apapun kehidupan dalam berkarier tidak boleh mengubah peran seorang ibu dalam rumah tangga. Agar saudara dapat menjadi seorang yang sukses, baik dalam kehidupan rumah tangga maupun kehidupan berkarier, simak tip efektif menjadi ibu rumah tangga yang berkarier berikut ini.

Manajemen waktu dengan baik

Memutuskan untuk menjadi seorang wanita karier di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga, saudara dituntut untuk mampu mengatur waktu dengan konsisten. Ketika saudara berada di jam kerja, maka saudara harus fokus dengan pekerjaan yang menjadi tugas saudara, dan begitu pula ketika saudara pulang bekerja, maka saudara harus benar benar menggunakan waktu untuk keperluan keluarga.              

Miliki orang kepercayaan

Ketika saudara sedang bekerja dan tidak memungkinkan untuk menemani dan mendampingi anak anak, maka disitulah saudara membutuhkan orang yang dapat dipercaya. Mintalah bantuan kepada orang orang yang dapat dipercaya seperti saudari, ibu, mertua atau mungkin asisten rumah tangga yang sudah lama bekerja dengan saudara. 

Meskipun saudara sudah memiliki orang yang dapat dipercaya, saudara harus tetap mengawasi anak mereka, baik dengan menelpon secara rutin, atau jika perlu, saudara bisa memasang CCTV di rumah saudara, agar dapat memudahkan saudara dalam memantau anak dari kejauhan.

Bagi tugas antar anggota keluarga

Agar urusan rumah tangga tidak menyebabkan masalah, saudara bisa mengatur dan membagi tugas dengan anggota keluarga. Ajak seluruh anggota keluarga di dalam rumah untuk berdiskusi sebelum saudara memutuskan menjadi wanita karier.

Ketika seluruh keluarga telah setuju dengan keputusan yang saudara ambil, maka mulailah untuk membagi tugas yang harus ditangani oleh anggota keluarga ketika saudara bekerja. Dalam hal ini, saudara harus memilih waktu yang tepat, jangan sampai orang penting seperti suami tidak ikut dalam diskusi tersebut.

Hindari menunda pekerjaan

Kebiasaan menunda pekerjaan akan membuat manajemen waktu yang telah saudara atur menjadi kacau. Saat saudara berada di kantor, saudara harus menyelesaikan apa yang menjadi tugas saudara, agar nantinya saudara tidak perlu mengambil lembur, yang mengorbankan waktu untuk keluarga. Begitu juga sebaliknya, ketika saudara berada di rumah, maka saudara harus benar benar mengerjakan pekerjaan rumah tangga agar pekerjaan tidak menumpuk, yang mungkin saja akan mengganggu pekerjaan saudara di kantor.

Agar pekerjaan saudara menjadi lancar dan rezeki melimpah, jangan lupa dengan hak para fakir dan yatim yang telah dititipkan melalui saudara. Sisihkan sedikit dari penghasilan saudara untuk berdonasi atau sedekahkan kepada orang yang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *