Akademi Dhuafa Entrepreneur untuk Dhuafa di Tangerang

Akademi Dhuafa Entrepreneur untuk Dhuafa di Tangerang

Peningkatan kapasitas individu merupakan hal yang penting pada masa persaingan ekonomi yang semakin sengit dalam lingkup lokal, nasional, maupun global seperti saat ini. Apalagi revolusi industri membuat kita harus adaptif dengan dunia yang serba digital dan membutuhkan efisiensi waktu, tenaga, dan sumber daya. Berbagai upaya pun dilakukan baik oleh pemerintah maupun lembaga masyarakat untuk mendukung kemajuan ekonomi warga dengan memberikan pembekalan-pembekalan untuk penggerak UMKM dan calon pekerja yang berusia muda.

Salah satu lembaga yang juga memiliki concern terhadap pemberdayaan masyarakat, yaitu LAZNAS Sahabat Yatim Indonesia, berupaya melakukan edukasi dan sosialisasi kepada para dhuafa untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam perjalanannya menjadi pengusaha. Pada hari Rabu, tanggal 13 Oktober 2021, tim Dhuafa Entrepreneur dari LAZNAS Sahabat Yatim Indonesia menyelenggarakan kegiatan berlokasi di Yaman Print, jalan Ciledug Raya No. 17, Tangerang, Banten terkait sosialisasi program Akademi Dhuafa Entrepreneur, cara pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Qasir, dan pelatihan pembuatan produk susu MeMilk. Kegiatan ini diikuti oleh 13 orang dan materi disampaikan oleh Bapak Irwan dan Bapak Endang Sutisna sejak pukul 10.00 hingga 12.30 WIB.

LAZNAS Sahabat Yatim Indonesia adalah lembaga sosial kemanusiaan yang berdiri pada tahun 2009 dan telah mengayomi ribuan anak yatim dan dhuafa serta pembinaan pemberdayaan masyarakat yang membutuhkan (mustahik). Sedangkan program Dhuafa Entrepreneur sendiri dibentuk pada 1 September 2021 yang hingga saat ini telah mencetak 8 masyarakat dhuafa terpilih yang mengelola gerai usaha susu di bawah naungan LAZNAS Sahabat Yatim Indonesia. Tentu ini merupakan program yang solutif bagi permasalahan di Indonesia yang masih memiliki angka kemiskinan yang tinggi dan keterbatasan para dhuafa yang ingin berdikari dengan bisnisnya namun tidak memiliki cukup ilmu dan modal.

Semoga program-program sosial dan pemberdayaan LAZNAS Sahabat Yatim Indonesia seperti Dhuafa Entrepreneur ini dapat terus eksis dan semakin progresif, sehingga mampu menjadi fasilitator terdepan yang dapat meningkatkan kualitas individu para dhuafa menjadi lebih berdaya dan sukses dalam bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *