Generasi Muda Berani Buka Usaha Kopi

Generasi Muda Berani Buka Usaha Kopi

Generasi Muda Berani Buka Usaha Kopi

Maraknya minuman kopi di kalangan anak muda membuka kesempatan dan peluang yang besar bagi anak anak muda yang memiliki jiwa bisnis yang besar. Meskipun berbisnis kopi terdengar seperti sebuah bisnis yang sederhana saja namun tidak dapat dipungkiri jika bisnis kopi menjanjikan omset yang besar bagi yang menjalankannya dengan tekun.

Di Indonesia, kopi menjadi salah satu jenis minuman yang memiliki peminat yang sangatlah banyak, mulai dari remaja, mahasiswa, pekerja kantor, pekerja lapangan dan lain sebagainya. Banyaknya peminat dari minuman kopi membuat pengusaha coffee shop kian menjamur dan bahkan hampir di setiap daerah ada coffee shopnya. 

Proses penyajian yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar membuat banyak anak muda mulai terjun dalam berbisnis coffee shop. Dikutip dari bisnisukm.com kisah sukses dari kopi kenangan yang terletak di Jakarta Selatan.

Awal mula bisnis kopi tersebut didirikan oleh tiga orang yaitu Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa. Pembangunan bisnis kopi kenangan sendiri tentu tidak tanpa adanya mimpi dan harapan. Mereka memulai bisnis kopi tersebut dengan mimpi yaitu untuk membawa produk kopi Indonesia ke tingkat internasional.

Usaha kopi tersebut awalnya dibuka dengan ukuran kecil yaitu 5×2 meter persegi. Hingga kemudian mereka memberanikan diri untuk membuka 10 gerai, dan dengan omset penjualan yang terus meningkat membuat mereka kini mampu memiliki gerai yang tersebar di 8 kota besar di Indonesia dengan jumlah gerai yang mencapai hingga 324 gerai. Menu yang mereka sediakan tidak hanya kopi yang merupakan produk ciri khas mereka melainkan juga menambahkan beberapa menu pendukung seperti teh dan beberapa jenis cemilan lainnya.

Dari kisah inspiratif tersebut, kita dapat mengambil sebuah pelajaran yaitu dalam menjalankan sebuah usaha, harus didasari dengan tekad yang kuat serta mimpi yang besar dan pastinya tidak lupa untuk selalu berdoa.

Agar bisnis yang dijalankan dapat menjadi bisnis yang sukses, tentu ada berbagai hal yang wajib untuk dipertimbangakan, dan berikut kami akan berbagi tips untuk kamu yang ingin menjalankan usaha kopi agar sukses.

Menyiapkan konsep yang matang

Jangan pernah menjalankan sebuah usaha tanpa didasari dengan konsep dan persiapan yang matang. Segala hal dapat berjalan lancar jika didasari dengan konsep yang matang. Apa saja konsep dasar yang harus kamu persiapkan dalam menjalankan bisnis kopi.? Berikut beberapa diantaranya.

Memilih lokasi 

Memilih lokasi yang strategis adalah salah satu aspek dasar yang wajib untuk dipertimbangkan oleh semua pengusaha dan termasuk dengan usaha coffee shop. Usahakan kamu mampu mendirikan usaha di tempat tempat yang strategis yang mudah dijangkau oleh pelanggan atau target pemasaran.

Merencanakan strategi pemasaran

Strategi pemasaran juga menjadi hal yang wajib kamu pertimbangkan. Pastikan kepada siapa kamu akan berjualan produk. Dengan adanya target pemasaran tentu kamu akan menjadi lebih mudah dalam menentukan apa yang akan kamu jual. Jika kamu memiliki target pemasaran kopi kepada para kaum milenial, maka setidaknya kamu harus memahami selera rasa yang mereka inginkan.

Sharing dengan yang Berpengalaman

Sebagai pengusaha baru, penting halnya untuk kamu minta pendapat atau sharing pengalaman dengan orang orang yang sudah terlebih dahulu terjun ke dalam bisnis kopi, dengan demikian kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengetahui strategi pemasaran dan pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis kopi hingga membuat mereka menjadi sukses sebagai penjual kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *