Memaknai Puasa dan Lebaran Dengan Berbagi

Memaknai Puasa dan Lebaran Dengan Berbagi

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang dinanti nanti para Umat Muslim di Seluruh Dunia. Pasalnya, di bulan ramadhan berbagai amal perbuatan akan dilipat gandakan pahalanya, sehingga momen di bulan ramadhan dimanfaatkan umat muslim untuk memperoleh pahala yang lebih banyak.

Tidak heran apabila di bulan suci ramadhan Umat Muslim selalu melakukan berbagai amal perbuatan kebaikan salah satunya adalah dengan berbagi. Ada berbagai bentuk berbagi yang dilakukan saat bulan suci ramadhan, salah satunya adalah berbagi makanan atau takjil untuk berbuka. 

 

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa

Adapun berbagai keutamaan bagi siapa saja yang berbagi makanan saat bulan suci ramadhan salah satunya adalah

 

1. Meraih ridho Allah SWT

Salah satu keutamaan bagi orang orang yang suka berbagi makanan di bulan suci ramadhan adalah meraih keridhoan Allah SWT. Seperti apa yang telah disampaikan di dalam Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan,

“Puasa, salat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, sholat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

 

2. Menambah keberkahan

Rezeki yang diperoleh tidak selamanya dalam bentuk harta dan kekayaan. Semua itu tidak mudah untuk dinikmati tanpa adanya suatu keberkahan yang dilimpahkan Allah SWT. Dengan berbagi makanan kepada orang orang yang sedang menunaikan ibadah puasa dapat meraih keberkahan dari Allah SWT.

 

3. Mempererat silaturahmi

Memberikan makanan akan membuat saudara bejumpa dengan penerima kebaikkan. Hal ini akan membuka jalan untuk menjalin silaturahmi di dalamnya. Disinilah letak sebuah kebaikkan sesuguhnya akan dapat dirasakan. Selain memberikan kebahagiaan, saudara juga sekaligus membuka pintu rezeki di dalam silahturrahmi. 

 

4. Mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah SAW. bersabda:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

 

5. Membuka peluang untuk mendapatkan surga.

Ali Ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata,” Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi)

 

Berbagi di Hari Raya Idul Fitri

Selepas menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh, seluruh umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri yang diwarnai dengan bersilaturahmi dan bermaaf maafan di hari yang fitri. Di hari raya Idul Fitri juga biasanya diwarnai dengan hari berbagi bingkisan kepada orang orang terdekat. Dengan berbagi di hari raya idul fitri dapat memberikan cukup banyak manfaat salah satunya adalah

 

Meningkatkan rasa syukur

Berbagi kepada orang lain dapat meningkatkan rasa syukur kita. Dengan apa yang kita berikan sedikit kepada orang lain akan membuat mereka merasa senang, sehingga kita akan merasa lebih bersyukur dengan apa yang telah kita miliki saat ini.

 

Meningkatkan kepedulian

Berbagi akan melatih diri kita untuk lebih peduli terhadap orang lain. Memang mungkin yang kita bagikan saat ini tidak seberapa di mata diri kita sendiri, namun percayalah bahwa hal tersebut akan berarti dan bernilai sangat tinggi di mata orang orang yang membutuhkannya.

 

Membuat hubungan lebih baik

Orang yang baik hati dan suka berbagi pasti lebih disenangi orang di sekitarnya sehingga mendatangkan teman. Kalau saudara suka membantu orang lain, pasti orang lain juga akan melakukan hal yang sama. Sehingga, kalau kita suka berbagi, hubungan kita dengan orang lain juga akan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *