Cara Mendidik Anak Makan Sehat untuk Tumbuh Kembangnya

Cara Mendidik Anak Makan Sehat untuk Tumbuh Kembangnya

Cara mendidik anak untuk makan sehat menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Pasalnya, dibutuhkan kesabaran dan penerapan yang tepat untuk bisa membentuk kebiasaan pola makan sehat pada anak. Mau tahu caranya? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Mengenalkan pola makan sehat pada anak sejak dini sangatlah penting dilakukan. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, konsumsi makanan sehat juga baik untuk mendukung tumbuh kembangnya dan mencegah anak dari berbagai penyakit.

Nah, dengan memahami cara mendidik anak untuk makan sehat, Anda dapat membentuk kebiasaan Si Kecil untuk menjalani pola hidup sehat hingga ia dewasa kelak.

 

Mengenalkan Anak dengan Jenis Makanan Sehat

Salah satu kunci untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak adalah dengan mengenalkan mereka akan berbagai hal yang menyangkut makanan. Jika anak terlalu memilih milih makanan, maka mereka akan beresiko mengalami kekurangan nutrisi.

Ketika makan, ajari anak anak untuk memahami manfaat dari setiap jenis makanan di meja makan, misalnya beritahu kepada amerika bahwa buah dan sayur memiliki antioksidan yang dapat mencegah dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Anda juga dapat memberitahu bahwa makanan sehat dapat membuat tubuhnya tumbuh lebih tinggi dan tangkas saat beraktivitas.

Berikan juga pemahaman kepada anak terkait jenis jenis makanan yang porsinya harus dikurangi misalnya seperti garam atau gula yang terkandung pada makanan gorengan, kripik kentang, kue manis dan lain lain. Jelaskan juga kepada mereka terkait dampak buruk yang dapat terjadi jika mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

 

Cara Mendidik Anak Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain memberikan pengertian kepada anak terkait makanan sehat dan tidak sehat, ada pula beberapa cara mendidik anak agar terbiasa mengkonsumsi makanan sehat. Seperti apa caranya.? Berikut beberapa diantaranya.

 

1. Jangan memarahi atau melarang anak secara langsung

Langsung memarahi anak ketika mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hanya akan membuat anak merasa penasaran dan tergiur dengan makanan tersebut. Dalam hal ini, sebaiknya laranglah anak secara perlahan dan fokus pada usaha untuk membuat anak menyukai makanan sehat dan bergizi. Ada berbagai cara yang dapat saudara lakukan dalam meningkatkan ketertarikan anak akan makanan yang sehat misalnya saudara bisa merangkai tatanan makanan mereka agar terlihat lucu seperti boneka atau semacamnya.

 

2. Jadikan diri sebagai panutan

Anak adalah peniru ulung para orang tuanya. Jika saudara ingin mereka mengkonsumsi makanan yang sehat, maka saudara perlu memberikan contoh kepada mereka misalnya dengan mengkonsumsi buah, sayung dan berbagai macam jenis makanan sehat lainnya. Dengan demikian, Si Kecil akan melihat bahwa orang tuanya pun menerapkan pola makan sehat sehari-hari.

 

3. Sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak

Melihat anak yang makan dengan lahap memang menyenangkan, namun pastikan bahwa makanan yang dikonsumsinya tidak melebihi kebutuhan kalori setiap harinya demi menghindari berat badan yang berlebihan. Umumnya, anak-anak dan remaja membutuhkan 1600–2200 kalori per hari, tergantung jenis kelamin, usia, dan jenis kegiatannya. Nah, membiasakan anak untuk mengkonsumsi sayur dan buah dapat mencegahnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori.

 

4. Terapkan aturan makan pada anak

Ada kalanya orang tua harus melakukan berbagai cara untuk membujuk anak makan, misalnya menyuapi anak sambil bermain, menonton tv, atau melakukan kegiatan lain. Akibatnya, anak menjadi tidak fokus dan berisiko makan berlebih. Agar Si Kecil memiliki kebiasaan makan yang baik, saudara perlu membiasakan anak makan di meja makan. Batasi waktu makan tidak lebih dari 30 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *