Pelajaran Hidup yang Bisa Didapatkan dari Seorang Ayah

Pelajaran Hidup yang Bisa Didapatkan dari Seorang Ayah

Pelajaran Hidup yang Bisa Didapatkan dari Seorang Ayah, Disadari atau tidak, dalam kehidupan perjuangan seorang ayah seringkali di nomor duakan. Tidak jarang, banyak orang yang terkadang hanya berfokus memberi saran untuk membangun kedekatan antara ibu dan anak. Padahal seorang anak juga butuh untuk dekat dengan seorang ayah, maka dari itu, ada baiknya sebagai orang tua, saudara saling bekerja sama agar dapat menemani bersama sang anak hingga tumbuh dewasa.

Dibalik sosok seorang ayah yang selama ini hanya identik sebagai sosok pencari nafkah, sebenarnya ada banyak pelajaran hidup yang dapat diperoleh darinya. Pada dasarnya, kewajiban seorang ayah adalah untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan keluarga, baik anak maupun ibu atau istri.

Setiap melihat sosok seorang ayah sebagai pencari nafkah, kerap kali terlintas dipikiran bahwa beliau adalah sosok pekerja keras. Segala upaya akan dilakukan seorang ayah demi memberikan kenyamanan dalam kehidupan keluarganya. Bahkan beliau rela untuk bersusah payah hanya untuk dapat melihat anak dan istrinya merasa bahagia. Meskipun itu terlihat teramat sulit, namun dia tetap berjuang untuk mampu memberikan yang amatlah sulit, namun dia tetap berjuang untuk mampu memberikan yang terbaik.

Pelajaran Hidup yang Bisa Didapatkan dari Seorang Ayah

Dari sosok seorang ayah yang pekerja keras demi kebahagiaan keluarga ada banyak pelajaran yang dapat kita peroleh. Berikut beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari sosok seorang ayah.

Roda Kehidupan Terus Berputar, Prioritas Makin Penting Untuk Ditentukan

Sama halnya dengan seorang ibu, semasa muda seorang ayah pasti memiliki impian yang tidak langsung dapat diwujudkan. Sebagai seorang laki laki, ego untuk mewujudkan impian impian yang tertunda pun dapat menjadi lebih besar.

Tanim siapa sangka, ketika seorang pria menjadi seorang ayah, prioritas harus berubah. Tidak hanya ibu, poros kehidupan seorang laki laki ketika menjadi seorang ayah juga menjadi ke anaknya. Banyak hal yang dilakukan oleh seorang ayah demi membahagiakan anaknya. Termasuk dengan pengorbanan akan mimpi mimpinya yang diubah menjadi prioritas anaknya.

Dari sosok seorang ayah kita dapat belajar bahwa roda dalam kehidupan ini akan terus berputar, hal tersebut dapat prioritas seorang ayah yang berubah ke anaknya. Sebab seseorang dapat dikatakan dewasa apabila dia sudah mampu menentukan prioritas terpenting dalam hidupnya.

Perjuangan Ayah Tak Cuma Soal Mencari Nafkah, Tetapi Juga Pengayom Keluarga

Sebagian banyak orang kerap kali berpikir bahwa tugas dari seorang ayah adalah mencari nafkah dalam hidup dan tugas dari seorang ibu adalah mendidik dan memberikan kasih sayang untuk anak anaknya.

Padahal kedua tugas ini adalah hal-hal yang sangat fleksibel untuk bisa dilakukan bersama. Bukan berarti ayah mencari nafkah, lalu ia tak berkewajiban memberikan kasih sayangnya pada sang anak. Jangan melabeli ayah hanya sebagai “mesin uang” keluarga, ia juga bisa menjadi pengayom keluarga. Kasih sayang seorang ayah sama berharganya dengan kasih sayang seorang ibu.

Seorang anak yang mampu menjalin kedekatan dengan kedua orang tuanya, akan tumbuh menjadi pribadi yang lengkap dan bahagia. Dia merasa bahwa kasih sayang yang dia dapatkan akan terasa lengkap.

Tujuan Hidup Makin Memiliki Posisi Penting, Apalagi Setelah Membangun Keluarga

Ketika seorang laki laki berada pada masa lajang, dia hanya akan menjadi kehidupan untuk hari ini saja, namun apabila telah menjadi sosok seorang ayah, hal itu berubah secara drastis yang di mana seorang ayah harus memikirkan dan mempersiapkan kehidupan untuk masa yang akan datang.

Seorang ayah yang bertanggung jawab selalu tahu tujuan hidup apa yang harus ia tuju demi keluarganya. Ayah tak akan hidup hanya dengan mengandalkan apa yang akan terjadi hari ini. Dia akan memiliki rencana matang untuk masa depan demi keluarganya bisa hidup nyaman. Salah satu caranya bisa dengan memiliki tabungan deposito untuk pendidikan anak dan pensiun atau merintis usaha sampingan.

Itulah beberapa pelajaran penting yang dapat kita petik dari seorang ayah. Selain hal hal tersebut sebenarnya masih ada banyak lagi pelajaran yang dapat kita petik dalam kehidupannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *