Menyiasati PPKM dengan 5 Usaha Rumahan

Menyiasati PPKM dengan 5 Usaha Rumahan

Menyiasati PPKM dengan 5 Usaha Rumahan, Sebagai upaya menghindari penyebaran virus covid 19 yang semakin meluas, pemerintah terpaksa menerapkan PPKM darurat pada sejumlah daerah. Melalui penerapan PPKM darurat, masyarakat dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Adanya himbauan tersebut memberikan dampak kurang baik terhadap beberapa kalangan masyarakat, dan terutama bagi beberapa orang yang mengandalkan pusat keramaian sebagai sumber penghasilan seperti pedagang kaki lima, tukang parkir dan lain lain.

Mulai 5 Usaha Rumahan di Masa PPKM

Menghadapi situasi sulit tersebut memang bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak ada solusi atas masalah tersebut. Untuk menyiasati PPKM, saudara dapat menjalankan beberapa usaha berikut.

  1. Content creator

Saat ini kita sedang berada di era digital, yang dimana berbagai hal sudah berkaitan dengan teknologi digital seperti misalnya berjualan, berbisnis, dan lain sebagainya. perubahan teknologi tersebut juga membuka peluang besar bagi siapa saja yang ingin memperoleh penghasilan dari rumah. menjadi content creator bisa menjadi salah satu jalan yang dapat saudara tempuh untuk menghasilkan penghasilan di tengah PPKM.

Membuat konten merupakan salah satu bentuk usaha di era modern. Berbagai bentuk sosial media bisa saudara gunakan untuk berkreasi. Mulai dari Instagram beserta fitur reels, post, dan story, TikTok, Youtube, dan masih banyak lagi. 

  1. Fudgy brownies

Salah satu jenis usaha mikro yang dijamin bertahan di masa pandemi adalah usaha rumahan seperti kuliner. Kuliner sendiri bisa jadi berupa makanan utama, makanan ringan, minuman, hingga aneka jenis kue dan roti. Di masa pandemi ini, sebenarnya jenis apapun usaha rumahan sama-sama berpeluang. Cobalah untuk memulai usaha kuliner di rumah masing masing. Untuk masalah promosi, saudara bisa memanfaatkan sosial media dan platform online lainnya. 

  1. Perlengkapan makan aesthetic

Lagi lagi, sebuah trend dimulai di masa pandemi. Karena berlama-lama di rumah, kesadaran dan keinginan untuk mempercantik rumah makin meningkat. Terlebih lagi, setelah makan di rumah tiap hari, keinginan untuk membeli perlengkapan makan aesthetic pun muncul. Apalagi, belakangan ini banyak sekali content creator yang membuat video makan atau masak dengan menampilkan perlengkapan dapur sebagai salah satu usaha rumahan nya. 

  1. Membuka bimbingan belajar secara online

Jika saudara memiliki penguasaan yang lebih di mata pelajaran tertentu dan kemampuan untuk mengajarkannya kepada anak-anak, maka ini bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan. saudara bisa membuka jasa bimbingan belajar secara online kepada beberapa anak-anak yang kini libur sekolah.

  1. Sewakan mobil 

Selama pandemi tentunya saudara jarang menggunakan mobil seperti sebelum adanya pandemi, sehingga dapat mempertimbangkan untuk menyewakan mobil di berbagai situs. Tarifnya pun bisa saudara tetapkan beragam dan bakal menjadi penghasilan sampingan yang cukup mudah.

  1. Sewa peralatan bayi

Bagi keluarga muda yang baru memiliki anak, pastinya saudara memiliki banyak peralatan bayi yang sudah tidak dapat dipakai. Saudara bisa memanfaatkan peralatan tersebut untuk menghasilkan pundi pundi rupiah di tengah PPKM. Cobalah untuk menyewakan peralatan tersebut kepada orang orang yang mungkin mereka membutuhkannya namun takut untuk membelinya dikarenakan masa krisis harus menghemat pengeluaran sebaik mungkin. Tawarkan tarif sewa dengan harga yang relatif terjangkau agar orang lain tidak merasa terbebani dengan tarif yang saudara tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *