Inovasi Bisnis Agar Bertahan di Masa Pandemi

Inovasi Bisnis Agar Bertahan di Masa Pandemi

Inovasi Bisnis Agar Bertahan di Masa Pandemi, Sebagai pelaku UMKM, bertahan di tengah pandemi memang hal yang cukup sulit, belum lagi dengan penerapan PPKM yang menyulitkan sejumlah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan secara finansial. Meskipun merupakan hal yang sulit untuk diterima, namun dengan adanya penerapan PPKM, kita dapat mengurangi dampak penyebaran covid 19.

Bertahan di Masa Pandemi

Memang bertahan di masa sulit seperti ini bukanlah hal yang dapat dikatakan mudah. Namun meskipun demikian, bukan berarti saudara boleh menyerah, justru dalam situasi sulit seperti ini kita harus menjadi lebih cermat dan pandai menyesuaikan diri dengan situasi. Lalu bagaimana cara agar bisnis dapat bertahan di masa pandemi.? Ada berbagai cara yang dapat saudara lakukan sebagai upaya bertahan di masa sulit, salah satunya sebagai berikut. 

1. Utamakan kebutuhan konsumen

Dalam usaha, sejatinya konsumen menjadi hal yang nomor satu. Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan setiap pelanggan atau konsumen yang datang ke tempat saudara. Makin baik pelayanan yang diperoleh oleh setiap pelanggan, maka akan makin besar kemungkinan mereka untuk merasa puas. Kepuasan pelanggan adalah satu hal yang menjadi alasan mereka untuk kembali berlangganan dan menggunakan jasa atau produk yang saudara tawarkan.

2. Manfaatkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi berbasis online adalah satu hal yang harus anda kuasai dan diterapkan ke dalam bisnis masa kini. Sejak masuknya korona di indonesia, menyebabkan kebiasaan konsumen berubah secara drastis yang di mana mereka lebih gemar berbelanja secara online dibandingkan dengan belanja secara langsung.

Sebagai seorang pebisnis tentu harus mengikuti arus dan jalan yang dipilih oleh para pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi digital, tentu kita akan lebih mudah memperoleh pelanggan dibandingkan dengan tidak menggunakannya. 

3. Evaluasi Bisnis

Apabila saudara memiliki waktu luang, yang dikarenakan orderan sepi, maka manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan evaluasi bisnis dari berbagai sisi, mulai dari mencari supplier, produk, strategi, marketing, pembukuan dan lain sebagainya. 

Dengan adanya evaluasi tersebut, saudara bisa mencari strategi baru dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi. Pada dasarnya, dalam menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan berbagai strategi untuk menstabilkan omzet, sebab strategi yang sama tidak selamanya akurat

4. Bentuk tim sukses dan perluas jaringan

Dalam menjalankan usaha, pastinya bukan hal yang mudah untuk membangunnya sendirian. Maka dari situlah saudara perlu membentuk tim dan kerja sama agar bisnis dapat bertahan dan terutama  masa masa sulit seperti saat ini.

Jika saudara belum memiliki komunitas atau tim dalam usaha, maka tidak perlu khawatir, sebab saat ini ada banyak orang yang siap menjadi bagian dari usaha yang saudara jalankan. Untuk memudahkan saudara dalam menemukan tim yang baik, saudara bisa membuka peluang melalui media sosial dan berbagi informasi kepada komunitas yang ada di sekitar saudara.

Di masa sulit seperti saat ini, tentu ada banyak orang yang membutuhkan pekerjaan dan usaha tambahan, maka dari situlah saudara dapat mengajak mereka untuk berdiskusi dan mencari jalan terbaik untuk kelangsungan hidup bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *