Strategi Bisnis Saat PPKM, Wajib Tahu Soal Keuangan!

Strategi Bisnis Saat PPKM, Wajib Tahu Soal Keuangan!

Strategi Bisnis Saat PPKM, Wajib Tahu Soal Keuangan! Pemerintah terpaksa memperpanjangkan masa PPKM dalam upaya menekan penularan covid 19 yang terus meluas dari hari ke hari. Hal ini tentu akan berdampak pada operasional bisnis bagi banyak perusahaan.

Mungkin sebelumnya saudara sudah membuat berbagai rencana dalam upaya peningkatan perusahaan, namun karena adanya PPKM yang diperpanjang membuat usaha menjadi tidak dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Strategi Bisnis Saat PPKM

Sebagai pemilik usaha, tentu saudara harus mampu beradaptasi dengan situasi yang sedang berjalan, agar usaha dapat bertahan di dalam masa sulit seperti saat PPKM. Namun yang menjadi pertanyaan dalam hal ini hal penting apa yang perlu saudara persiapkan sebagai pemilik bisnis.? Salah satunya adalah soal keuangan dalam bisnis. 

Mengatur keuangan dan strategi dalam berbisnis di tengah pandemi sebenarnya bukanlah hal yang sulit, asalkan saudara tau bagaimana mengoptimalkan bisnis yang meskipun PPKM terus diperlakukan. Untuk memberi solusi akan hal tersebut, kami punya beberapa tips strategi bisnis saat PPKM yang akan kami bahas sebagai berikut.

1. Kesehatan harus selalu jadi prioritas

Dalam upaya mengoptimalkan usaha selama pandemi ini, saudara dapat memulainya dengan memprioritaskan saudara selaku pemilik beserta dengan karyawan atau pekerja yang ikut serta dalam menjalankan bisnis saudara.

Dalam hal ini, saudara bisa memfasilitasi karyawan dengan berbagai macam peralatan kesehatan seperti rajin cuci tangan atau pakai hand sanitizer, jaga jarak, dan paling penting pastikan setiap karyawan sudah divaksinasi. Apabila saudara telah berhasil mengutamakan kesehatan saudara beserta dengan karyawan saudara, tentu para pelanggan akan merasa percaya diri untuk berkunjung ke tempat saudara.

2. Atur budget usaha

Dalam suatu dan kondisi apapun, penting halnya bagi pemilik bisnis untuk membuat pembukuan usaha. dalam pembukuan usaha, saudara dapat mencatat berbagai hal terkait dengan sistem keuangan bisnis, sehingga saudara dapat memonitori laporan keuangan baik pemasukan, pengeluaran kerugian maupun keuntungan dalam menjalankan usaha tersebut.

Dengan begitu saudara akan sangat mudah menyadari jika ada suatu hal yang akan membuat usaha saudara jatuh bangkrut, sehingga saudara mampu mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi dan menghindari hal tersebut.

3. Buat promosi bagi para pelanggan

Tidak dapat dipungkiri bahwa sejak pandemi, masyarakat lebih berhati hati mengeluarkan uang, sehingga aktivitas atau cara belanja masyarakat berubah drastis. Harga yang mudah merupakan suatu hal yang diprioritaskan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Tidak heran jika selama pandemi, perusahaan yang kerap kali mengadakan diskon atau potongan harga terkait barang yang mereka jual, lebih banyak diminati oleh banyak orang. Maka dari itu, anda bisa menggunakan strategi ini untuk mempertahankan bisnis selama pandemi.

4. Memaksimalkan Pemasaran Online

Sejak masuknya covid 19 ke indonesia, masyarakat cenderung khawatir jika melakukan kontak langsung dengan banyak orang saat beraktivitas di luar rumah. Sehingga sebagian banyak orang lebih memilih untuk belanja secara online dibandingkan secara langsung dengan pergi ke mall atau ke pasar. Maka dari itu lah, saat ini saudara penting untuk melakukan pemasaran bisnis melalui online.

Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku selama pandemi, sebab saat ini kita sedang berada di era digital yang di mana berbagai hal yang menyangkut jual beli sudah lebih cenderung mengarah ke digital atau online.

Itulah beberapa strategi yang dapat saudara terapkan terhadap bisnis yang saudara jalankan agar mampu bertahan selama pandemi atau PPKM berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *