Kisah Inspiratif Entrepreneur

Kisah Inspiratif Entrepreneur

Kisah inspiratif entrepreneur, Saat ini, banyak persepsi yang beredar di masyarakat bahwa jika ingin membangun usaha bisnis yang sukses haruslah memiliki modal yang besar. Tidak jarang, banyak orang yang berpendapat bahwa keuangan adalah faktor penentu dalam memulai sebuah bisnis.

Jika saudara merupakan salah satu orang yang beranggapan demikian, mungkin suadara perlu belajar dari beberapa kisah pengusaha sukses yang telah merintis usaha mereka dari nol hingga mengubah mereka menjadi seorang pengusaha sukses dan terkenal. Artinya mereka tidak menjadikan modal sebagai fondasi untuk memulai usaha yang maju dan berkembang.

Kisah inspiratif entrepreneur

Di indonesia, terdapat cukup banyak pengusaha sukses yang terkenal yang awal mulanya mereka merintis usaha dari nol, dan bukan merupakan keturunan orang kaya yang mendapatkan warisan yang  banyak. Siapa saja mereka.? Berikut beberapa diantaranya

Bob Sadino: Kem-Chicks

Bambang Mustari Sadino atau lebih dikenal dengan nama Bob Sadino merupakan salah satu tokoh inspiratif, sosok kompeten, dan pengusaha yang lahir di Tanjungkarang, Lampung pada tanggal 9 Maret 1933 dari pasangan suami istri yaitu Bapak Sadino dan Ibu Itinah Soeraputra.

Awal kisah perjalanan Bob Sadino sebelum menjadi seorang pengusaha sukses dan terkenal, Bob Sadino pernah menjalankan sebuah usaha sewa mobil yang di mana mobil yang beliau sewakan merupakan mobil satu satunya yang di mana beliau sendiri yang menyetirnya. Saat menjalankan usaha tersebut, beliau mengalami kecelakaan yang menyebabkan beliau harus berhenti dan mengakhiri usaha yang beliau miliki tersebut.

Slang mengalami insiden tersebut, beliau mencoba beralih profesi menjadi seorang tukang bangunan harian, demi memenuhi kebutuhan hidup. Seiring dnegan berjalannya profesi beliau sebagai buruh babgunan, beliau melihat adanya sebuah peluang usaha yang menarik minat beliau. Beliau mencoba merintis usaha barunya sebagai pedagang telur. Namun karena beliau tidak memiliki banyak modal, beliau mencoba meminjam uang kepada tetangganya,  untuk mendirikan usaha tersebut.

Menjalankan sebuah usaha dari awal hingga sukses memang bukanlah hal yang mudah, maka dari situ beliau terus berusaha dalam emasarkan produk yang beliau miliki. Awalnya beliau mencoba menawarkan telur secara door to door. 

Berkat usaha dan kerja keras yang beliau lakukan akhirnya membuat usaha beliau kian berkembang dan mendatangkan pelanggan yang terus meningkat. Meningkatnya usaha yang beliau jalankan, membuat beliau mampu mendirikan Kem-Chicks, sebuah supermarket terkenal yang menyediakan berbagai produk peternakan dan dari situlah awal dari terkenalnya Bob Sadino.

Ciputra: PT. Daya Cipta

Datang dari keluarga miskin, berlatar belakang dari keluarga sederhana dari daerah Parigi, Sulawesi Tengah, Ciputra dilahirkan pada tanggal 24 Agustus tahun 1931 dengan nama lahir Tjie Tjin Hoan. Ciputra adalah seorang yang sukses memulai karier dari bawah dengan bisnis tanpa modal di bidang properti.

Kisah mengharukannya mendiang Ciputra terjadi sejak usia 12 tahun, di mana Ciputra harus tinggal bersama ibunya sejak sang ayah meninggal di penjara. Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, beliau harus mengais tanah dan mengurus ternak bersama dengan ibunya. 

Perjuangannya yang panjang tersebut berbuah hasil ketika Ciputra sukses menyelesaikan studi arsiteknya di ITB. Pada saat itu, Ciputra masih berada pada kondisi yang sama yang di mana beliau tidak memiliki banyak harta kekayaan.

Bersama dengan kedua temannya, beliau mendirikan sebuah bisnis konsultan arsitektur, CV. Daya Cipta dengan kondisi seadanya. Awal merintis usaha, beliau melakukan penawaran dari rumah ke rumah, namun karena untuk membuat usaha mampu berkembang dan maju bukanlah hal yang mudah, membuat hal tersebut terus terjadi hingga beliau memiliki istri dan anak.

Berkat keberanian yang beliau miliki, beliau memutuskan untuk pindah ke jakarta dengan harapan usaha yang beliau jalankan dapat berjalan dengan lancar. Namun tetap saja, karena tidak memiliki banyak uang membuat usaha yang dijalankan sulit untuk berkembang.

Beliau terus berusaha dengan giat dalam upaya mempertahankan CV. Daya Cipta dan terus nekat mencari celah agar dapat mengajukan permohonan diri kepada gubernur jakarta untuk mendapatkan proyek. Permohonan tersebut membuahkan hasil di mana penawaran Ciputra diterima oleh Soemarno, Gubernur Jakarta.

Sayangnya, di saat yang bersamaan pemerintah daerah sedang tidak memiliki dana untuk menjalankan proyek usulan Ciputra tersebut. Sehingga beliau menggandeng dua temannya untuk tetap menjalankan proyek tersebut.

Berkat kegigihannya, Ciputra mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan rencananya secara langsung ke presiden Soekarno. Walaupun permohonannya diterima, lagi-lagi ketiadaan dana menjadi hal yang terus menghambat bisnis Ciputra. Karena Ciputra masih terus berkeinginan meneruskan proyek tersebut, dia mendapat sokongan dana dari berbagai pengusaha sukses. Dari titik inilah kesuksesan Ciputra makin terlihat.

Itulah dua kisah inspiratif entrepreneur sukses yang telah berhasil merintis usaha mereka dari nol dengan modal seadanya. Dari kisah perjalanan pengusaha sukses tersebut membuktikan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses tidaklah membutuhkan modal yang besar. Jika saudara ingin menjadi seorang pengusaha namun saudara minim modal, mari bangkit bersama kami dalam program ADE, program berbisnis tanpa modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *