Tren Bisnis Kedai Kopi 2021 Profit Makin Tinggi

Tren Bisnis Kedai Kopi 2021 Profit Makin Tinggi

Tren Bisnis Kedai Kopi 2021 Profit Makin Tinggi

Kedai kopi adalah sebuah usaha yang terbilang cukup menjanjikan dari tahun ke tahun. Seiring dengan perkembangan zaman membuat kopi tidak hanya sebagai minuman selera orang tua saja, melainkan kopi saat ini sudah diminati oleh berbagai kalangan.

Bebragai inovasi kopi terus dikembangakn yang membuat banyak orang yang awalnya tidak menyukai minuman kopi menjadi suka dengan minuman kopi. Saat  ini minuman kopi sudah hadir dalam berbagai macam variasi mulai dari kopi susu, kopi mocca, kopi cappucino dan lain sebagainya.

Bisnis kopi diprediksi akan menjadi sebuah bisnis yang akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pertanian menyebutkan bahwa pada 2016 lalu, konsumsi kopi nasional sudah mencapai 249.800 ton. Menginjak tahun 2018, jumlah tersebut meningkat hingga 314.400 ton.

Jumlah konsumsi kopi sendiri diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018, peningkatan konsumsi kopi meningkat hingga 8% – 10%. Di tahun 2021, bisnis minuman kopi diprediksi akan meningkat hingga 15% – 20%. Peningkatan tersebut bukanlah jumlah yang sedikit sehingga bisnis kopi dipercaya sebagai bisnis yang akan sangat menjanjikan.

Tren bisnis kopi yang sukses dapat investor

Perkembangan bisnis kopi yang mengalami peningkatan yang begitu pesat menarik perhatian banyak investor dan perusahaan ventura tertarik untuk berinvestasi pada kedai kopi. Sejak beberapa tahun lalu sudah ada banyak investor yang telah menyuntikan dana ke berbagai kedai kopi. Hal tersebut tentu mengejutkan karena seperti yang diketahui bahwa investor selama ini hanya tertarik pada bisnis dibidang teknologi.

Seperti yang dikutip dalam gobiz.co.id bahwa pada Januari 2019 lalu, ada dua brand kopi lokal yang mendapatkan dana investasi sebesar 8,5 juta USD atau sekitar Rp127 miliar dari Agaeti Venture Capital, SMDV, Insignia Ventures Partners, East Ventures, dan Pavilion Capital, serta 20 juta USD atau sekitar Rp288 miliar dari Sequoia India.

Investasi tersebut tentu membuat dua brand kopi lokal semakin rajin dalam membuka grai dan ekspansi dengan sangat cepat.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis kopi dapat menarik perhatian banyak investor yang tentu saja akan membuat perkembangan bisnis kopi semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Ragam ide bisnis kopi

Melihat bisnis kopi yang terus meningkat membuat bisnis kopi akan sangat menjanjikan. Dalam menggeluti bisnis kopi, anda tidak hanya harus menjual kopi dengan memiliki kedai kopi atau coffee shop saja, ada berbagai bisnis yang bisa anda jalankan yang masih berhubungan dengan kopi dan berikut beberapa di antaranya.

Jual biji kopi

Menjalankan bisnis jual biji kopi tentu mewajibkan anda untuk memiliki koneksi dengan para petani kopi yang dimana hanya dari petani anda dapat memperoleh biji kopi dengan harga termurah selaku tangan pertama. Biji biji kopi yang telah anda ambil langsung ke para petani, dapat anda tawarkan atau jual langsung kepada kedai kedai atau coffee shop yang mengolah biji kopi menjadi kopi siap minum.

Cold brew

Cold brew adalah teknik menyeduh kopi dengan air bersuhu dingin dengan proses kurang lebih 12 sampai dengan 24 jam. Anda tidak perlu membangun kedai kopi, hanya dengan menggunakan alat khusus untuk cold brew, anda bisa menyajikan kopi ke dalam botol dengan kemasan yang menarik dan kemudian anda bisa pasarkan melalui media social. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *