Strategi Bertahan Pelaku Usaha Kopi Bubuk di Kala Pandemi

Strategi Bertahan Pelaku Usaha Kopi Bubuk di Kala Pandemi

Strategi Bertahan Pelaku Usaha Kopi Bubuk di Kala Pandemi, Di masa pandemi masyarakat dihadapkan dengan masalah ekonomi yang cukup serius. Banyak pengusaha atau pebisnis yang mengalami penurunan omset di masa pandemic sehingga mengakibatkan usaha yang dijalani mengalami kerugian yang bahkan beberapa diantaranya harus tutup atau meliburkan usaha mereka dalam waktu yang cukup lama karena keuntungan dan biaya operasional tidak saling mendukung.

Lantas bagaimana dengan berbisnis minuman kopi.? Apakah dapat bertahan di masa pandemi seperti saat ini.? Berbisnis kopi memang cukup menjanjikan untuk tetap bertahan di masa pandemi seperti saat ini namun di masa pandemic kebiasaan masyarakat berubah drastis sehingga kita perlu menyesuaikan diri dengan keadaan masyarakat. Berikut ini ada beberapa strategi yang mungkin dapat anda lakukan agar tetap bertahan di masa pandemic.

Analisa Pemasaran

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk tetap bertahan menjual bubuk kopi di tengah pandemic yaitu dengan menganalisa pemasaran. Menganalisa pemasaran mencangkup hal hal yang menjadi kebutuhan masyarakat, misalnya harga penjualan, target pemasaran, cara penjualan dan lain sebagainya.

Harga Penjualan

Sejak mewabahnya virus covid 19 yang membawa masyarakat ke masa krisis ekonomi membuat masyarakat harus berhati hati dalam berbelanja agar kebutuhan ekonomi mereka tetap tercukupi. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang saat ini lebih memilih barang dengan harga yang murah, maka dari itu anda bisa mempertimbangkan kembali terkait harga yang anda tawarkan kepada para konsumen untuk bubuk kopi yang anda jual.

Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Penting halnya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Dalam berbisnis kopi, kita perlu mengetahui bagaimana selera dari para konsumen. Dengan mengetahui selera konsumen tentu kita akan lebih paham terkait komposisi dari racikan kopi yang tepat untuk setiap pelanggan. Jika pelanggan telah memperoleh apa yang mereka butuhkan di tempat anda, pastinya mereka akan berpikir berkali kali untuk mencari produsen bubuk kopi lainnya.

Memanfaatkan Media Sosial

Sejak penerapan PPKM berlangsung, penggunaan media sosial meningkat cukup drastic, dan hal tersebut membuktikan bahwa saat ini masyarakat lebih banyak mengandalkan media sosial dalam berbagai hal dan termasuk dengan berbelanja kebutuhan, maka dari itu bagi anda yang ingin bertahan selama pandemic, penting hanya untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dalam menjangkau konsumen yang lebih luas.

Promosi

Sebagai pengusaha baru ataupun sebagai pengusaha lama, promosi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan sebab melalui promosi kita dapat memperoleh pelanggan pelanggan baru, maka itu tidak ada salahnya jika anda melakukan promosi di masa pandemi seperti saat ini. Untuk proses promosi sebaiknya anda fokus menggunakan media online sebab kebiasaan masyarakat saat ini lebih cenderung menggunakan media online.

Itulah beberapa strategi yang mungkin akan sangat membantu anda yang sedang mengalami penurunan omset penjualan di masa pandemi seperti saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *